Senin, 04 Januari 2010

PENGARUH FACEBOOK TERHADAP PERILAKU WANITA DEWASA AWAL

1. Latar Belakang

Dewasa ini hampir seluruh kalangan memiliki account pada situs Facebook. Baik dari remaja sampai dewasa. Facebook dapat mempertemukan dengan orang-orang yang kita kenal, teman lama, sahabat, ataupun dengan orang-orang baru yang memiliki account di Facebook. Dengan situs ini banyak orang juga memperoleh teman baru untuk berkomunikasi disela kesibukan harian. Banyak orang yang tertarik dengan Facebook karena kita dapat melihat keseharian yang dilakukan oleh teman kita bila teman kita menuliskan apa yang dia pikirkan. Facebook juga menyediakan fasilitas chatting untuk memudahkan berkomunikasi secara aktif antara sang pemilik account dengan teman-temannya yang sedang online.

Orang dewasa madya juga banyak yang memiliki account Facebook, kebanyakan mereka bekerja dan ada juga yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Kebanyakan dari mereka menemukan teman lama mereka melalui situs ini dan kemudian melakukan acara reuni. Tetapi tidak menutup kemungkinan adanya hal negatif yang terjadi, seperti penipuan belanja online ataupun menyangkut identitas seseorang.

Wanita dewasa madya umumnya sudah menikah dan ada juga yang belum menikah. Ada yang berprofesi sebagai wanita karir dan ibu rumah tangga. Pada wanita dewasa yang sudah menikah biasanya disibukkan dengan mengurus anak dan bekerja di rumah atau menjadi wanita karir. Sedangkan pada wanita dewasa madya yang belum menijag biasanya disibukka dengan pekerjaan kantor dan pencarian pasangan hidup. Ada beberapa orang yang mencari pasangan hidup melalui “dunia maya”. Dengan adanya Facebook orang dapat berkenalan dan berteman dengan siapapun dan dari Negara manapun, sehingga kita juga dapat berkenalan dengan orang yang tidak pernah kita temui sebelumnya tapi bisa saling merasa cocok antara satu dengan yang lain karena Facebook juga menyediakan layanan chat untuk menghubungkan antara pemilik account dengan teman-temannya.

2. Landasan Teori

Di sini akan dijelaskan mengenai Facebook dan dewasa madya, dan membahas pengaruh Facebook terhadap perilaku wanita dewasa madya.

a. Facebook

Menurut Praditya (2007) Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang beralamat di http://www.facebook.com yang kini amat berkembang pesat dan mencuri perhatian. Sedangkan dalam wikipedia.org, Facebook adalah jaringan sosial website yang beroperasi dan dimiliki secara pribadi oleh Facebook, Inc Pengguna dapat menambahkan teman dan mengirim pesan mereka, dan memperbarui profil pribadi mereka untuk memberitahu teman-teman tentang diri mereka sendiri. Sebagai tambahan, pengguna dapat bergabung dengan jaringan yang diselenggarakan oleh kota, tempat kerja, sekolah, dan daerah. Nama website berasal dari nama sehari-hari buku-buku yang diberikan pada awal tahun akademik oleh universitas pemerintah dengan tujuan membantu siswa untuk mengenal satu sama lain lebih baik.

Mark Zuckerberg mendirikan Facebook dengan teman sekamarnya kuliah dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes ketika ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard. Situs web keanggotaan pada awalnya terbatas pada mahasiswa Harvard, tetapi diperluas ke perguruan tinggi lain di wilayah Boston, di Ivy League, dan Stanford University. Ini kemudian diperluas lebih lanjut untuk mengikutsertakan setiap mahasiswa, kemudian siswa SMA, dan, akhirnya, kepada siapa saja berusia 13 dan berakhir. Webiste yang saat ini memiliki lebih dari 350 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Facebook telah bertemu dengan beberapa kontroversi. Itu telah diblokir sebentar-sebentar di beberapa negara termasuk Suriah, cina, Vietnam, dan Iran. Ia juga telah dilarang di banyak tempat kerja untuk mencegah karyawan dari membuang-buang waktu menggunakan layanan ini. Privasi juga telah menjadi masalah, dan itu telah diganggu beberapa kali. Facebook settled a lawsuit regarding claims over source code and intellectual property. Situs juga telah terlibat dalam kontroversi penjualan penggemar dan teman-teman.

Sebuah Januari 2009 Compete.com studi peringkat Facebook sebagai jaringan sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna aktif di seluruh dunia bulanan, diikuti oleh MySpace.

Baru-baru ini ada laporan dari Facebook mengusulkan penawaran umum perdana (IPO), yaitu saham ekuitas isu dalam bentuk saham kepada investor. Namun, Zuckerberg menekankan bahwa hal itu tidak akan selama beberapa tahun lagi, dan perusahaan tidak membutuhkan tambahan modal. Juga, beberapa analis IPO takut Facebook mungkin salah satu yang sangat lemah.

Sejarah

Facemash

Mark Zuckerberg menciptakan Facebook di Harvard kamar asrama.

Mark Zuckerberg menciptakan Facemash pada 28 Oktober 2003 ketika menghadiri Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Situs mewakili versi Universitas Harvard Hot atau Tidak, menurut Harvard Crimson. Pada malam itu, Zuckerberg adalah blog tentang seorang gadis yang telah mencampakkan dirinya dan berusaha untuk memikirkan sesuatu yang harus dilakukan untuk mendapatkan dirinya dari pikirannya:

Aku agak mabuk, tidak akan berbohong. Jadi apa kalau tidak bahkan 10 am Selasa malam? What? Apa? The Kirkland [asrama] facebook terbuka pada desktop saya dan beberapa orang ini memiliki cukup menghebohkan facebook pics. Aku hampir mau menaruh beberapa wajah ini di samping gambar hewan ternak dan mempunyai orang-orang memilih mana yang lebih menarik.

9:48 pm - 9:48

Yea, it's on. Aku tidak tahu pasti bagaimana hewan ternak akan cocok dengan semua ini (Anda tidak dapat benar-benar pernah bisa yakin dengan hewan ternak ...), tapi saya suka membandingkan dua orang bersama-sama.

11:09 pm - 11:09

Biarkan hacking dimulai.

12:58 am - 12:58

Menurut The Harvard Crimson, Facemash "digunakan foto yang dikumpulkan dari facebooks online sembilan Rumah, menempatkan dua bersebelahan pada satu waktu dan meminta pengguna untuk memilih 'panas' orang." Untuk mencapai hal ini, Zuckerberg hack ke dalam kawasan lindung Harvard jaringan komputer dan disalin rumah 'asrama pribadi ID gambar.

Harvard pada waktu itu tidak punya mahasiswa foto dan direktori dengan informasi dasar dan situs awal yang dihasilkan 22.000 pengunjung dan 450 foto-pandangan dalam empat jam online. [22] Itulah cermin situs awal fisik orang masyarakat dengan identitas mereka yang sesungguhnya -mewakili aspek-aspek kunci dari apa yang kemudian menjadi Facebook.

"Mungkin akan memadamkan Harvard untuk alasan hukum tanpa menyadari nilai sebagai usaha yang mungkin bisa diperluas ke sekolah lain (mungkin bahkan yang dengan orang-orang tampan ...)," Zuckerberg menulis dalam blog pribadinya "Tapi satu hal yang pasti, dan itu bahwa saya adalah seorang brengsek untuk membuat situs ini. Seseorang harus melakukannya pada akhirnya ..." [24] situs ini dengan cepat diteruskan ke beberapa kampus daftar grup-server tapi ditutup turun beberapa hari kemudian oleh Harvard administrasi. Zuckerberg yang dibebankan oleh administrasi dengan pelanggaran keamanan, melanggar hak cipta dan melanggar privasi individu dan menghadapi pengusiran, tetapi pada akhirnya tuduhan itu dijatuhkan.

Zuckerberg memperluas proyek awal ini semester yang sama dengan menciptakan sebuah alat penelitian sosial menjelang akhir sejarah seni dengan meng-upload gambar ke 500 Augustan sebuah website, dengan satu gambar per halaman bersama dengan bagian komentar. Dia membuka situs hingga teman-teman sekelasnya dan orang-orang mulai berbagi catatan mereka. "Kata Profesor itu nilai terbaik dari setiap akhir yang pernah diberikan. Ini adalah pertama saya hack sosial. Dengan Facebook, saya ingin membuat sesuatu yang akan membuat Harvard (dan lebih terbuka itu) lebih terbuka," kata Zuckerberg sebuah TechCrunch wawancara.

Thefacebook Thefacebook

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/f/f8/Thefacebook.png/250px-Thefacebook.png

http://en.wikipedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png

Thefacebook pada 12 Februari 2004

Semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk website baru pada Januari 2004Ia terinspirasi, katanya, dengan sebuah editorial di The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. "Jelas bahwa teknologi yang dibutuhkan untuk membuat Website terpusat sudah tersedia," kertas diamati. "Manfaat yang banyak." [19] Pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "Thefacebook", awalnya terletak di thefacebook.com. "Semua orang berbicara banyak tentang buku wajah universal dalam Harvard," Zuckerberg kepada The Harvard Crimson. "Saya pikir itu konyol semacam itu akan mengambil Universitas beberapa tahun untuk berkeliling ke sana. Aku bisa melakukannya lebih baik daripada yang mereka bisa, dan aku bisa melakukannya dalam seminggu." [27] "Ketika Mark selesai situs, katanya kepada beberapa teman. Dan kemudian salah satu dari mereka mengusulkan meletakkan di atas Kirkland House online mailing list, yang, seperti, tiga ratus orang, "menurut sekamarnya Dustin Moskovitz. "Dan, begitu mereka melakukan itu, beberapa lusin orang yang bergabung, dan kemudian mereka memberitahu orang-orang di rumah-rumah lain. Menjelang akhir malam, kami, seperti, secara aktif mengawasi proses pendaftaran. Dalam waktu dua puluh empat jam, kami telah di antara seribu dua ratus dan seribu lima ratus pendaftar. "

Keanggotaan awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College, dan di dalam bulan pertama, lebih dari setengah populasi sarjana di Harvard sudah terdaftar pada layanan tersebut. Eduardo Saverin (aspek bisnis), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (grafis artis), dan Chris Hughes segera bergabung Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web. Pada bulan Maret 2004, Facebook diperluas ke Stanford, Columbia, dan Yale. Hal ini ekspansi berlanjut ketika dibuka kepada semua Ivy League dan wilayah Boston sekolah, dan secara bertahap sebagian besar universitas di Kanada dan Amerika Serikat. Facebook yang tergabung dalam musim panas tahun 2004 dan pengusaha Sean Parker, yang telah secara informal menasihati Zuckerberg, menjadi presiden perusahaan. Pada bulan Juni 2004, Facebook memindahkan basis operasi ke Palo Alto, California. [30] Perusahaan menjatuhkan namanya yang dari setelah membeli nama domain facebook.com pada tahun 2005 sebesar $ 200.000.

Facebook meluncurkan versi SMA pada September 2005, yang disebut Zuckerberg langkah logis berikutnya. Pada saat itu, jaringan sekolah tinggi diperlukan undangan untuk bergabung. Facebook kelayakan keanggotaan kemudian diperluas kepada karyawan dari beberapa perusahaan, termasuk Apple Inc dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka pada 26 September 2006 untuk semua orang dari usia 13 dan lebih tua yang valid pada alamat e-mail. Pada bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa itu adalah untuk mengatur markas internasional di Dublin, Irlandia.

Financials Financials

Pintu masuk ke Facebook saat ini berkantor pusat di Stanford Research Park, Palo Alto, California

Pandangan lain saat ini Facebook markas

Facebook menerima investasi pertama US $ 500.000 pada bulan Juni 2004 dari PayPal pendiri Peter Thiel. Hal ini kemudian diikuti satu tahun kemudian oleh $ 12.7 juta dalam bentuk modal ventura dari Accel Partners, dan kemudian $ 27.5 juta lebih dari Greylock Partners. Sebuah bocor laporan arus kas menunjukkan bahwa selama tahun 2005 tahun fiskal, Facebook memiliki kerugian bersih sebesar $ 3.63 juta.

Dengan penjualan dari situs jaringan sosial MySpace untuk News Corp pada 19 Juli 2005, muncul desas-desus tentang kemungkinan penjualan Facebook untuk perusahaan media yang lebih besar. Zuckerberg sudah mengatakan dia tidak ingin menjual perusahaan, dan membantah desas-desus sebaliknya. Pada 28 Maret 2006, BusinessWeek melaporkan bahwa akuisisi potensial Facebook berada di bawah negosiasi. Facebook dilaporkan menolak tawaran sebesar $ 750 juta dari penawar yang tidak dikenal, dan itu diisukan harga yang diminta naik setinggi $ 2 miliar.

Pada September 2006, pembicaraan serius antara Facebook dan Yahoo! Terjadi mengenai akuisisi dari Facebook, dengan harga mencapai setinggi $ 1 miliar. Thiel, kemudian menjadi anggota dewan dari Facebook Facebook mengindikasikan bahwa penilaian internal adalah sekitar $ 8 miliar berdasarkan proyeksi pendapatan mereka dari $ 1 miliar pada tahun 2015, dibandingkan dengan Viacom's MTV merek, sebuah perusahaan dengan target demografis bersama penonton.

Pada tanggal 17 Juli 2007, Zuckerberg Facebook mengatakan bahwa menjual itu tidak mungkin karena dia ingin tetap independen, mengatakan "Kami tidak benar-benar ingin menjual perusahaan ... Kami tidak bermaksud untuk IPO dalam waktu dekat. Ini hanya bukan fokus utama perusahaan. “

Pada bulan September 2007, Microsoft mendekati Facebook, mengusulkan suatu investasi dengan imbalan 5% saham di perusahaan, menawarkan sekitar $ 300-500 juta. Itu bulan, perusahaan lain, termasuk Google, menyatakan minatnya untuk membeli sebagian dari Facebook.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook sebesar $ 240 juta, Facebook memberikan tersirat total nilai sekitar $ 15 milyar. Namun, Microsoft membeli saham preferen yang membawa hak-hak khusus, seperti " likuidasi preferensi "itu berarti Microsoft akan menerima pembayaran sebelum umum pemegang saham jika perusahaan tersebut dijual. Microsoft's purchase also included rights to place international ads on Facebook. Pembelian Microsoft juga termasuk hak untuk menempatkan iklan internasional di Facebook.

Pada November 2007, Hong Kong miliarder Li Ka-shing menginvestasikan $ 60 juta di Facebook.

Pada bulan Agustus 2008, BusinessWeek melaporkan bahwa penjualan pribadi oleh karyawan, serta pembelian oleh perusahaan modal ventura, telah dan sedang dilakukan pada harga saham perusahaan yang menempatkan total penilaian di antara $ 3.75 milyar dan US $ 5 miliar.

Pada bulan Oktober 2008, Zuckerberg berkata "Saya tidak berpikir jaringan sosial dapat menghasilkan uang dengan cara yang sama melakukan pencarian itu ... Pada tiga tahun dari sekarang kita harus mencari tahu apa yang model optimal. Tapi bukan itu fokus utama kami hari ini. "

Pada bulan Agustus 2009, Facebook yang diperoleh media sosial secara real-time news aggregator FriendFeed, startup yang diciptakan oleh mantan Google karyawan dan Gmail 's insinyur pertama Paulus Buchheit yang, sementara di Google, menciptakan istilah "Jangan jahat".

Pada bulan September 2009, Facebook mengklaim bahwa hal itu telah berubah arus kas positif untuk pertama kalinya.

Website

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/8/8a/Facebook_log_in.png/250px-Facebook_log_in.png

http://en.wikipedia.org/skins-1.5/common/images/magnify-clip.png

Homepage Facebook menampilkan formulir login di kanan atas pengguna yang ada dan formulir pendaftaran langsung di bawahnya bagi pengunjung baru.

Pengguna dapat bergabung dan menciptakan sampai 200 kelompok sesuai dengan kepentingan mereka atau bidang keahlian. Ini akan muncul dalam hasil pencarian dari Facebook jika grup tersebut pada publik. Pengguna dapat memilih halaman kipas sesuai dengan kepentingan mereka untuk koneksi dan berinteraksi dengan orang asing lainnya. Pengguna dapat mengatur profil mereka sehingga swasta untuk mencegah kenalan dari menghubungi mereka. Pengguna juga dapat mengatur profil mereka di masyarakat. Hal ini memungkinkan teman-teman dekat untuk mengirim pesan dan tambahkan user sebagai teman. Ini memungkinkan pengguna memperbarui profil pribadi mereka untuk memberitahu teman-teman dekat mereka tentang diri mereka sendiri. Mereka juga dapat bergabung dengan jaringan yang diselenggarakan oleh kota, tempat kerja, sekolah, dan daerah untuk menghubungkan dan berinteraksi dengan teman-teman dekat mereka. Publik profil juga memungkinkan setiap orang asing atau kenalan untuk menghubungi pengguna yang mengakibatkan kurangnya privasi. Profil publik dapat diblokir oleh setiap pengguna tetapi tidak dapat profil pribadi.

Website ini bebas untuk pengguna dan menghasilkan pendapatan dari iklan, misalnya iklan banner. Pengguna dapat menciptakan profil termasuk foto dan daftar kepentingan pribadi, pertukaran pesan publik atau swasta, dan bergabung dengan kelompok teman-teman. Secara default, rinci untuk melihat data profil dibatasi untuk pengguna dari jaringan yang sama dan "keterbatasan masyarakat yang masuk akal".

Microsoft Facebook mitra eksklusif untuk melayani iklan banner, dan dengan demikian hanya melayani iklan Facebook yang ada di Microsoft inventaris iklan. Menurut comScore, internet riset pemasaran perusahaan, Facebook mengumpulkan sebanyak data dari para pengunjung sebagai Google dan Microsoft, tapi jauh kurang dari Yahoo!. [69]

Interface evolusi

Profil yang ditampilkan pada Thefacebook pada tahun 2004. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/1/12/Original-facebook.jpg/120px-Original-facebook.jpg

Facebook profile ditunjukkan pada tahun 2006. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/f/fc/Facebookzuckerberg.png/120px-Facebookzuckerberg.png

Facebook profile ditunjukkan pada tahun 2007.http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/2/28/Facebook2007.jpg/116px-Facebook2007.jpg

Facebook Lite ditampilkan hari ini http://upload.wikimedia.org/wikipedia/en/thumb/d/d2/Facebook-lite.png/120px-Facebook-lite.png

Facebook Lite

Pada bulan Agustus 2009, Facebook mengumumkan peluncuran sebuah "lite" versi situs, dioptimalkan untuk pengguna pada intermiten lebih lambat atau koneksi internet. Facebook Lite menawarkan layanan yang lebih sedikit, dikecualikan kebanyakan aplikasi pihak ketiga dan mengurangi bandwidth yang diperlukan. Sebuah versi beta dari antarmuka slimmed-down pertama dirilis diundang penguji, sebelum peluncuran yang lebih luas di seluruh pengguna di Amerika Serikat, Kanada , dan India.

Fitur-fitur

Artikel utama: Facebook fitur

Media sering membandingkan Facebook untuk MySpace, namun salah satu perbedaan signifikan antara kedua situs Web adalah tingkat kustomisasi. MySpace memungkinkan pengguna untuk menghias profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya memungkinkan teks biasa.

Facebook memiliki sejumlah fitur dengan mana pengguna dapat berinteraksi. Mereka termasuk Wall, sebuah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman dapat mengirimkan pesan bagi pengguna untuk melihat; Pokes, yang memungkinkan pengguna untuk mengirim virtual "sodokan" satu sama lain (pemberitahuan kemudian memberitahu pengguna bahwa mereka telah menusuk); Foto, di mana pengguna dapat meng-upload album dan foto; dan Status, yang memungkinkan pengguna untuk memberitahu teman-teman mereka tentang keberadaan dan tindakan mereka. Seorang pengguna Wall dapat dilihat oleh siapa saja yang mampu melihat profil pengguna, tergantung pada pengaturan privasi. Pada bulan Juli 2007, Facebook mulai memungkinkan pengguna untuk mengirim lampiran ke Wall, sedangkan sebelumnya Wall terbatas pada konten teks saja.

Seiring waktu, Facebook telah menambahkan beberapa fitur baru ke situs web. Pada tanggal 6 September 2006, sebuah News Feed diumumkan, yang muncul pada setiap pengguna's homepage dan menyoroti informasi yang mencakup perubahan profil, upcoming events, dan ulang tahun dari teman-teman pengguna. Pada awalnya, News Feed menyebabkan ketidakpuasan di kalangan pengguna Facebook, beberapa mengeluh itu terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tidak diinginkan, sementara yang lain khawatir itu membuatnya terlalu mudah bagi orang lain untuk melacak aktivitas individu (seperti perubahan status hubungan, peristiwa, dan percakapan dengan pengguna lain). Sebagai tanggapan ketidakpuasan ini, Zuckerberg mengeluarkan permintaan maaf atas kegagalan situs untuk memasukkan fitur privasi dikustomisasi sesuai. Sejak itu, pengguna telah dapat mengontrol jenis informasi apa yang dibagikan secara otomatis dengan teman-teman. Pengguna sekarang mampu mencegah teman-teman dari melihat update tentang jenis kegiatan tertentu, termasuk perubahan profil, Wall posts, dan teman-teman baru ditambahkan.

Salah satu aplikasi yang paling populer di Facebook adalah Photos aplikasi, di mana pengguna dapat meng-upload album dan foto. Facebook memungkinkan pengguna untuk meng-upload jumlah tak terbatas foto, dibandingkan dengan layanan hosting gambar seperti Photobucket dan Flickr, yang berlaku batas dengan jumlah foto yang pengguna diperbolehkan untuk meng-upload. Di masa lalu, semua pengguna yang terbatas untuk 60 foto per album. Namun, beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka mampu membuat album dengan batas baru 200 foto. Masih belum jelas mengapa beberapa anggota memiliki batas 200-foto sementara yang lainnya tidak. Pengaturan privasi dapat ditetapkan untuk setiap album, membatasi kelompok pengguna yang dapat melihat album. Sebagai contoh, privasi album dapat diatur sehingga hanya teman-teman pengguna dapat melihat album, sementara privasi album lain dapat diatur sehingga semua pengguna Facebook dapat melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto adalah kemampuan untuk "tag", atau label pengguna di foto. Sebagai contoh, jika sebuah foto berisi teman pengguna, maka pengguna dapat menandai teman di foto. Ini akan mengirim pemberitahuan kepada teman bahwa mereka telah ditandai, dan menyediakan mereka sebuah link untuk melihat foto.

Catatan facebook diperkenalkan pada 22 Agustus 2006, sebuah fitur blogging yang memungkinkan embeddable tag dan gambar Pengguna kemudian dapat mengimpor blog dari Xanga, LiveJournal, Blogger, dan layanan blog lainnya. Selama bulan April 7, 2008, Facebook merilis Comet berbasis olahpesan cepat aplikasi bernama "Chat" untuk beberapa jaringan , yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman dan fungsionalitas mirip ke desktop berbasis instant messenger.

b. Masa Dewasa Madya

Dalam kehidupan terdapat beberapa tahap mulai dari lahir, anak-anak, dewasa, dan terakhir adalah usia lanjut. Salah satu tahap perkembangan adalah dewasa madya, menurut Juliani (dalam repo.javatechno.net) menyatakan bahwa dewasa madya berkisar pada usia 40-60 tahun.

Usia dewasa madya atau yang popular dengan istilah setengah baya, dari sudut posisi usia dan terjadinya perubahan fisik maupun psikologis, memiliki banyak kesamaan dengan masa remaja. Bila masa remaja merupakan masa peralihan, dalam arti bukan lagi masa kanak-kanak namun belum bisa disebut dewasa, maka pada setengah baya, tidak dapat lagi disebut muda, namun juga belum bisa dikatakan tua. Secara fisik, pada masa remaja terjadi perubahan yang demikian pesat (menuju kearah kesempurnaan / kemajuan) yang mempengaruhi kondisi psikologisnya, sedangkan individu setengah baya juga mengalami perubahan kondisi fisik, namun dalam pengertian penurunan/kemunduran, yang juga akan mempengaruhin kondisi psikologisnya. Sealain itu perilaku dan perasaan yang menyertai terjadinya perubahan-perubahan tersebut adalah sama, yaitu salah tingkah/canggung, bingung dan kadang-kadang over acting.

Ciri-ciri dewasa madya, yaitu:

1. Masa yang ditakuti atau a dreaded period.

o Selain masa tua (old age) masa dewasa madya juga merupakan masa yang sangat ditakuti datangnya oleh kebanyakan individu, sehingga seolah-olah mereka ingin mengerem laju pertambahan usia mereka.

o Bagi perempuan masa dewasa madya tidak saja berarti menurutnya kemampuan reproduktif dan datangnya menopause ,namun juga menurutnya daya tarik seksual.

o Umumnya mereka (individu dewasa madya) merasa tidak lagi menarik secara seksual bagi suami mereka ,sehingga muncul kekhawatiran “akan kehilangan” suami dan kondisi ini selain dapat mengakibatkan para istri begitu mengharapkan suaminya bersikap seperti ketika masih pengantin baru, juga munculnya rasa cemburu yang kadang cenderung berlebihan, bila melihat suaminya berkomunikasi dengan perempuan yang lebih muda usianya.

o Biasanya di usia-usia ini, suami merka mulai lebih berkonsentrasi pada karier dan peningkatan kariernya, sehingga mereka semakin merasa kesepian dan “diabaikan”.

o Perasaan-perasaan negatif ini bila tidak segera dicari pemecahannya dapat mengakibatakan para istri mengalami depresi.

o Bagi pria, masa dewasa madya meruupakan usia yang mengadung arti menurutnya kemampuan fisik secara menyeluruh , termasuk berkurangnya vitalitas sekaual.

o Sebagian kaum pria yang mengalami tanda-tanda terjadinya penurunan kemampuan seksual ini, akan mengalihkan perhatian mereka pada kesibukan bekerja demi meningkatkan prestasi dan memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat.

o Selain masalah sseksual, kaum pria yang telah memasuki usia dewasa madya ,ada juga yang ingin menutupi “kelemahan” fisiknya dengan melakukan aktivitas fisik berlebihan, dan cenderung menolak bantuan dari mereka yang lebih muda.

o Pada bagian yang lain, justru bersikap kompensatif , dalam arti untuk menutupi “kekurangannya” mereka bersikap seperti anak muda dengan lebih memperhatikan pennampilan fisik, berdandan sedemikian rupa untuk mencari perhatian dari lawan jenis yang berusia jauh lebih muda.

o Mereka yang berperilaku seperti ini justru menunjukan adanya ketidak percyaan yang cukup besar terhadap daya tarik seksual mereka.

2. Masa transisi atau a time of trasition.

  • Seperti juga masa remaja, individu pada masa dewasa madya juga disebut sebagai masa transisi dari masa dewasa awal ke masa dewasa lanjut (lansia).
  • Sebagian ciri-ciri fisik dan perilakunya masih memperlihatkan masa dewasa awal ,sementara banyak ciri fisik dan perilaku lainnya justru telah menunjukkan ciri-ciri orang dewasa lanjut.
  • Kondisi tsb menyebabkan mereka harus banyak melakukan penyesuaian terhadap peran-peran baru yang diberikan oleh masyarakat. Selain itu, masyarakat juga mengharapkan mereka untuk dapat berpikir dan berperilaku sesuai dengan usianya.

3. Masa penyesuaian kembali atau a time of adjustment.

  • Memasuki usia dewasa madya, cepat atau lambat individu harus mengadakan penyesuaian kembali terhadap pperubahan-perubahan yang dialaminya, baik fisik maupun peranan.
  • Penyesuaian terhadap perubahan peranan ,biasanya akan terasa lebih sulit dilakukan bila dibandingkan dengan penyesuaian terhadap berubahnya kondisi fisik. Misalnya kaum pria yang mengalami masa pension, atau kaum perempuan yang mengalami perubahan peran sebagai ibu dengan anak-anak yang akan mulai memasuki kehidupan baru.

4. Masa keseimbangan dan ketidakseimbangan atau a time of equilibrium and disequilibrium.

o Pengertian keseimbangan mengacu pada kemampuan pernyesuaian terhadap terjadinya perubahan-perubahan fisik dan psikologis yang dilakukan orang2 dewasa madya.

o Keseimbangan ini dapat dicapai bila ada penyesuaian secara menyeluruh terhadap pola-pola kehidupannya. Mereka yang mampu mencapai keseimbangan akan merasakan kehidupan yang tenang, tentram dan damai di rumah, sehingga tidak suka “keluyuran”/ buang-buang waktu di luar rumah untuk kegiatan yang tidak berguna.

o Ketidak seimbangan artinya adalah terjadinya kegoncangan-kegoncangan /gangguan-gangguan penyesuaian yang dialami individu pada masa ini baik yang bersifat internal maupun eksternal, termasuk dengan pasangan hidupnya.

  • Mereka yang tidak mampu mencapai keseimbangan ini akan merasa tidak betah di rumah, dabn cenderung ingin “lari” dari rumah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan fisik dan psikkologis yang tidak diperoleh di rumahnya.

5. Usia berbahaya atau a dengerous age.

o Yang dimaksud dengan usia berbahaya adalah dalam hal kehidupan seksualnya, terutama dengan istrinya.

o Juga dalam hal-hal yang berhubungan dengan segala aspek kehidupan lainnya, seperi kondisi fisik yang mulai rentan terhadap penyakit ,juga kondisi psikologis yang relatif menjadi lehih peka, dalam arti mudah tersinggung, tertekan, stress, hingga depresi.

o Dalam hal-hal yang berhubungan dengan masalah seksual, tidak jarang terjadi para suami yang mulai merasa “bosan” dengan istrinya, sehingga mulai menyeleweng, atau pun menceraikan istrinya untuk kawin lagi dengan perempuan lain yang kadang-kadang seusia dengan anak gaadisnya.

  • Adapaun untuk hal-hal yang lainnya, individu usia dewasa madya, relatif lebih sering mengalami gangguan fisik maupun mental, bahkan pada orang-orang tertentu dapat mengakibatkan bunuh diri.

6. Usia kaku/canggung atau a awkward age.

o Seperti juga masa remaja ketika individu tidak bisa lagi disebut anak-anak, tetapi juga belum layak disebut dewasa, begitu juga individu dewasa madya, sudah kurang pantas disebut dewasa dini, namun juga belum bisa disebut tua. Dalam situasi seperti ini ,kadang muncul rasa canggung dan bingung pada individu.

  • Pada sebgian individu kondisi ini mengakibatkan mereka ingin menutup ketuaan dengan berbagai cara dan sejauh mungkin berusaha untuk tidak tampak tua, misalnya dalam pimilihan busana ,berdandan /pemakaian kosmetik dsb. Kadang-kadang apabila individu agak berlebihan di dalam menampilkan busana dan dandanan yang bertujuan untuk menutupi ketuaannya, maka hal ini justru menyebabkan mereka tampak janggal, sehingga terlihat kaku/canggung.

7. Masa berprestasi atau a time of achievement.

    • Berprestasi pada usia dewasa madya menurut Werner merupakan suatu gambaran yang positf dari seorang individu.
    • Pada usia 40 tahun pada orang-orang normal telah memiliki pengalaman yang cukup dalam pendidikan dan pergaulan, sehingga mereka telah memiliki sikap yang pasti serta nilai-nilai tentang hubungan social yang berkembang secara baik.
    • Kondisi keuangan dan kedudukan social mereka biasanya telah mapan, serta mereka telah memiliki pandangan yang jelas tentang masa depan dan tujuan yang ingin dicapai.
    • Apabila situasi ini diikuti dengan kondisi fisik yang prima, maka mereka dapat menyatakan bahwa hidup dimulai di usia 40 tahun (lif begin 40th).
    • Menurut Hurlock yang dapat dicapai individu di usia dewasa madya, tidak hanya kesuksesan secara financial, melainkan juga dalam hal kekuasaan dan prestise.

Biasanya usia pencapaian terjadi antara 40-50 tahun. Selain itu masyarakat sendiri nampaknya baru mengakui kemampuan prestasi seseorang secara mantap apabila apabila yang bersangkutan telah memasuki usia dewasa madya.

3. Kesimpulan

Facebook sangat mempengaruhi perilaku wanita dewasa madya. Dengan adanya facebook para wanita dewasa muda dapat menambah banyak relasi dan berkenalan dengan banyak orang dari berbagai daerah dan Negara, disela kesibukan dapat berhubungan dan mendapat kabar mengenai teman-teman yang jarang ditemui atau yang berada jauh. Biasanya pada usia dewasa madya banyak orang yang memiliki situs Facebook untuk memudahkannya untuk bertemu dan berkomunikasi kembali dengan teman lama atau juga membuat mereka tidak merasa bosan dengan rutinitas mereka sehari-hari, dapat saling memberikan semangat dan kabar terbaru.

Buruknya Facebook pada dewasa madya adalah pembuatan status yang terlalu terang-terangan seperti memiliki masalah di kantor, masalah dengan pasangan hidup, masalah dengan teman, penipuan belanja online, berkenalan dengan orang yang memiliki data diri palsu dan bermaksud jahat, memberitahu pekerjaan yang akan dilakukannya. Misalnya seorang polisi memberitahukan di status Facebook-nya akan beroperasi di suatu daerah untuk menangkap para penyabung ayam. Apabila ada yang membaca kemudian memberitahukan dan akhirnya penggerbekan pun menjadi sia-sia.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.wikipedia.com

http://praditya.net/2007/11/16/facebook-pesona-baru-jejaring-sosial/

http://74.125.155.132/search?q=cache:YYnmfkZtJw8J:repo.javatechno.net/pub/index.php%3Fdir%3DEducation/Buku%2520Online/Ekonomi/Akuntansi%252C%2520Bisnis%252C%2520Penjualan/%26file%3DMASA%2520DEWASA%2520MADYA%2520%2840-60%2520TAHUN.pptx+dewasa+madya&cd=9&hl=id&ct=clnk&gl=id&client=firefox-a

Tidak ada komentar:

Posting Komentar